Pohon Sebagai Sumber Listrik

red-maple-treeSumber listrik dari pohon? Kenapa tidak. Nanti dulu, ini bukan biomassa seperti yang sudah banyak digunakan, lho. Melainkan menghasilkan listrik langsung dari pohonnya. Ilmuwan dari  Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan bahwa tanaman bisa menghasilkan listrik berkekuatan 200 milivolt.
Setelah melalui penelitian selama musim panas, mereka mnemukan bahwa satu lembar daun pohon mapel menghasilkan tekanan hingga beberapa ratus milivolt.

Untuk mengekstrak listrik dari pohon dan mengonversinya menjadi energi, mereka membangun sebuah konverter yang bisa menghasilkan 20 milivolt listrik dan menyimpannya sehingga menghasilkan energi yang lebih besar lagi. dengan mengaitkannya ke pohon menggunakan elektroda, perangkat ini mampu memproduksi 1,1 volt listrik, cukup untuk menjalankan sensor. Secara lengkap studi ini dipublikasikan di jurnal Institute of Electrical and Electronics Engineers’ Transactions on Nanotechnology.

Babak Parviz, profesor rekayasa elektrik di  Washington University sebagai salah satu ilmuwan yang terlibat mengatakan, “Sesungguhnya ini tenaga surya, bukan tenaga pohon. Pohon hanya sebagai penghantarnya saja. Saya pikir skala sistem ini bisa diperbesar dan menjadi berbiaya rendah. Selain itu sensornya juga dapat mendeteksi kondisi lingkungan seperti kebakaran hutan,” ujarnya. Bahkan sistem sensor itu juga bisa mendeteksi kesehatan tanaman.

Wah asyik juga ya, selain hemat biaya tapi juga ramah lingkungan, dan tidak akan habis.

Diterjemahkan secara bebas dari LiveScience
foto:/images.mooseyscountrygarden.com

  • Share/Bookmark
Filed under: PhotoShop, Science

Leave a Reply